Kamis, 09 Juni 2016

Elektrokardiografi (EKG) dan Manfaatnya

ELEKTROKARDIOGRAFI (EKG)



Elektrokardiografi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas listrik jantung. Elektokardiogram adalah suatu grafik yang menggambarkan rekaman listrik jantung

EKG adalah suatu metode untuk mempelajari kerja otot jantung sehingga dapat membantu diagnosis abnormalitas jantung dan kecenderungan atau perubahan fungsi jantung.

Electrocardiograph adalah alat untuk melakukan elektrokardiografi sedangkan electrocardiogram adalah kertas yang mencatat grafik variasi-variasi potensial listrik yang disebabkan oleh eksitasi otot jantung dan terdeteksi pada permukaan tubuh.

EKG sangat berguna dalam membantu menegakkan diagnosa beberapa penyakit jantung, akan tetapi klinis pasien tetap merupakan pegangan yang penting dalam menegakkan diagnosa, sebab sering kelainan EKG ditemukan pada orang normal atau sebaliknya gambaran EKG normal didapatkan pada orang yang menderita kelainan jantung. Oleh sebab itu dalam ACLS selalu ditekankan adanya istilah " Don't treat the monitor but treat the patient ".
EKG sangat berguna dalam menentukan kelainan seperti berikut; Gangguan irama jantung (Disritmia), Hipertrofi Atrium & Ventrikel, Iskemia/Infark otot jantung, Perikarditis, efek beberapa obat-obatan terutama digitalis dan antiaritmia, kelainan elektrolit yang juga dapat menyebabkan kelainan EKG serta untuk menilai fungsi pacu jantung.


MANFAAT EKG
·         1. Mengetahui pembesaran ruang2 jantung, atrium maupun ventrikel.
·         2. Mengetahui gangguan keseimbangan elektrolit (terutama kalium).
·         3. Mengetahui gangguan hantaran (seperti aritmia).
·         4. Mengetahui efek dari obat2an (seperti anti aritmia).
·         5. Mengetahui penilaian fungsi jantung.

Selain itu, EKG juga berfungsi untuk sebagai sarana evaluasi untuk menilai tingkat keberhasilan terapi yang sudah diberikan serta sebagai sarana evaluasi dari tindakan latihan yang telah dilakukan.

FUNGSI EKG
EKG mempunyai fungsi  diagnostik diantaranya :
  1. Aritmia jantung
  2. Hipertrofi atrium dan ventrikel
  3. Iskemik dan infark miokard
  4. Efek obat-obatan seperti  ( digitalis, anti aritmia dll )
  5. Gangguan keseimbangan elektrolit khususnya kalium
  6. Penilaian fungsi pacu jantung


SANDAPAN EKG
Terdiri dari dua jenis sandapan ( lead ) pada EKG:
1.Sandapan Bipolar.
2.Sandapan Unipolar: 
  - sandapan unipolar ektremitas
  - Sandapan unipolar prekordial

1.Sandapan Bipolar ( Bipolar Limb Lead )
Dinamakan bipolar karena sandapan ini merekam perbedaan potensial dari 2 elektroda, yang terdiri dari:
a.Sandapan I      : merekam beda potensial antara tangan kanan (RA) dengan tangan kiri (LA), dimana tangan kanan bermuatan (-) dan tangan kiri bermuatan (+).
b.Sandapan II     : merekam beda potensial antara tangan kanan (RA) dengan kaki kiri (LF), dimana tangan kanan bermuatan (-) dan kaki kiri bermuatan (+).
c.Sandapan III    : merekam beda potensial antara tangan kiri (LA) dengan kaki kiri (LF), dimana tangan kiri bermuatan (-) dan kaki kiri bermuatan (+).

2. Sandapan Unipolar ( Unipolar Limb Lead )
a. Sandapan Unipolar Ektremitas ( Unipolar limb lead Wilson ), adalah merekam perbedaan potensial antara lengan kanan, lengan kiri atau tungkai kiri terhadap elektroda indifferen yang berpotensial nol. 
Tediri dari:
- Sandapan AVR   : merekam potensial listrik pada tangan kanan (RA), dimana tangan kanan bermuatan (+), tangan kiri dan kaki kiri membentuk elektrode indifferen.
- Sandapan AVL   : merekam potensial listrik pada tangan kiri (LA), dimana tangan kiri bermuatan (+) tangan kanan dan kaki kiri membentuk elektroda indifferen. 
- Sandapan AVF   : merekam potensial listrik pada kaki kiri (LF), dimana kaki kiri bermuatan (+), tangan kanan dan kaki kiri membentuk elektroda indifferen.

b.Sandapan Unipolar Prekardial / sandapan unipolar dada (Unipolar Chest Lead = V Lead) adalah rekaman potensial dari satu titik dipermukaan dada.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat EKG.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kami membuka pendaftaran Pelatihan EKG dan Pelatihan ACLS dari PERKI Jakarta tahun 2016 .Untuk info jadwal pelatihan dapat menghubungi 08788 9699 789 atau invite pin BBM 5441F2A2

Untuk persyaratan mengikuti Pelatihan EKG maupun ACLS , klik Disini





0 komentar:

Posting Komentar